Taken from inews.id

Published on 06 March 2020

Penyebaran coronavirus disease (Covid-19) atau virus korona baru telah menginfeksi lebih dari 100 ribu orang dengan 3.000 pasien meninggal dan 55 ribu dinyatakan sembuh. Di Indonesia ada dua kasus baru positif Covid-19, sehingga total menjadi empat orang.

Terlepas dari angka orang terinfeksi virus tersebut, ada sejumlah upaya pencegahan di samping mencuci tangan dengan benar. Caranya membuat tubuh terhidrasi dengan cukup minum air putih.

Hal itu diungkapkan Kepala Jaringan Medis High Desert Indonesia (HDI) dr Ivan Hoesada.

“Kalau banyak minum kan tenggorokan enggak kering. Dengan kelembapan itu, dia (virus) enggak akan mampu bertahan, dalam waktu dua jam dia mati. Tapi kalau kering, dia mudah membuat infeksi di tenggorokan, lalu masuk ke paru-paru,” kata Ivan Hoesada Menteng, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Minum air putih yang cukup juga mengurangi risiko radang tenggorokan. Sebab, salah satu penyebab angka kematian pasien Covid-19, kata dia, adalah acute respiratory distress syndrome atau sindrom distres pernapasan akut.

“Jadi, minum secukupnya, enggak perlu terlalu berlebihan. Minum banyak, dalam artian menjaga tubuh tetap terhidrasi. Misal, normalnya delapan gelas per hari, jadi sepuluh. Minum air putih ya, di suhu biasa (normal), bukan soft drink,” kata dia.

Selain minum air putih yang banyak, dia juga menyarankan tingkatkan daya tahan tubuh dengan cukup tidur, mampu mengelola stres dengan baik atau tidak panik berlebihan, makan sayur dan buah, vitamin, serta olahraga.

Article source: inews.id